CANDI LOR IKON WISATA BERSEJARAH NGANJUK

CANDI LOR: IKON WISATA KOTA NGANJUK YANG BERSEJARAH





Kota nganjuk merupakan kota kecil yang berda di provinsi jawa timur, meskipun kota kecil nganjuk juga mempunyai beberapa ikon ikon wisata salah satunya adalah Candi Lor  atau yang biasa kita sebut dengan Candi Boto.
Candi boto ini berada didesa candirejo,kecamatan loceret kabupaten nganjuk. Candi ini merupakan salah satu sumber sejarah berdirinya kota nganjuk .candi ini juga dilindungi oleh pemerintah sekitar,karena salah satu ikon bersejarah dikota nganjuk .
Masyarakat sekitar yang ingin berkunjung,tidak perlu mengeluarkan banyak biaya,karena letaknya yang strategis . masyarakat yang tinggal di daerah nganjuk


hanya perlu menaikki sepeda motornya untuk menuju kesana,dan bagi masyarakat yang tidak tinggal didaerah nganjuk dapat naik kendaraan umum seperti bus dan lain lainnya.
      Kawasan sekitar candi ini begitu sangat dijaga oleh pengurusnya,seperti kemarin ketika aku dan kedua sahabatku berkunjung kesana,kawasan sekitar candi begitu bersih dan rapi,pemerintah kota nganjuk sendiri juga sangat menjaga keutuhan dan kemurnian dari bangunan candi yang sudah ada pada masa pemerintahan raja jayastamba.karena candi ini sangatlah bersejarah bagi masyarakat nganjuk,bukan karena keindahannya saja tapi juga karena candi ini merupakan salah satu sumber bukti tentang adanya kerajaan hindu budha di nusantara.

      Chingu ya disini aku juga ingin bercerita tentang pengalamanku,dan kedua sahabatku ketika kami berkunjung ke Candi Lor. Aku dan kedua temanku ini berkunjung ketika pulang sekolah kami berkunjung kemari bukan hanya untuk tugas tapi juga ingin melihat bangunan candi yang terbuat dari batu bata ini,kami kesana pada hari kamis,26 oktober 2017.jarak antara sekolah kami dan candi ini lumayan jauh chingu,kami menempuhnya dengan waktu 20 menit dengan menaikki sepeda motor. Kami lewat desa nglaban,kenep,sekaran,sambijajar,dan loceret untuk kesana. Dan kami juga harus melewati jalanan yang rusak chingu

 Setelah menempuh perjalanan dengan waktu 20 menit kami pun sampai disana.ketika kami sampai kami begitu terkejut melihat bangunan candi yang besar dan tinggi.namun ketika kami sampai disana tidak ada satu orang ,hanya ada kami bertiga.pintu gerbang untuk masuk kesanapun ditutup jadi terpaksa kami hanya foto diluar gerbang saja.teman temanku meminta untuk segera berfoto namun aku melarangnya karena kami belum meminta izin,lalu kai pun meminta izin pada pedagang es di sekitar candi,namun pedagang es tersebut malah menyuruh kami untuk menghubungi nomor orang yg mengurus candi ini,memang digerbang masuk ke candi terdapat papan tulisan nomor dan tulisan “PENGUNJUNG HARAP LAPOR”,namun kami mengatakan tujuan kami kesini hanya untu berfoto dan melihatnya bukan untuk masuk lebih dalam.akhirnya kami pun diperbolehkan untuk berfoto disana.
      Setelah itu aku dan kedua sahabatku befoto foto disana.



Itulah chingu beberapa foto kami ketika berkunjung kemari,dan buat kalian yang belum berkunjung,bisa datang kemari.untuk masuk kewilayah candi ini tidak perlu membayar chingu.

'

                kami sebagai masyarakat nganjuk sangat bangga karena kota Nganjuk yg kecil ini mempunyai salah satu ikon bersejarah pada masa kerajaan,dengan ini kami berharap bahwa masyrakat nganjuk pun harus menjaga keindahan candi ini,semoga kita sebagai generasi muda dapat lebih peduli akan situs sejarah ini.

     Oke chingu itu seklas cerita pengalamanku dan sahabatku ketika berkunjung kesana,dan terimakasih buat yang udah berkunjung kemari.
~~~000   GOMAWO      000~~~
ANYEONG!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

profil oh sehun

NASI PECEL SAMBEL TUMPANG