GLOBAL WARMING, SEBUAH ISSU GLOBAL YANNG MENGHANTUI PIKIRAN SELURUH DUNIA

sebagian manusia sulit menyadari realitas kehancuran lingkungan hidup yang ada di sekitarnya. Ini karena penghancuran-penghancuran lingkungan terjadi bersamaan dengan proses-proses yanng sedang mereka kerjakan sendiri, yang sering "bertujuan" untuk membangun masa depan. padahal, yang terjadi adalah sebaliknya. Tragedi masa depan itu justru sedang berjalan didepan kita dan kita sendiri yang menjalankannya. 

.
.
.
.



pemanasan global adalah meningkatnya temperatur rata rata atmosfer, laut dan daratan bumi yang disebabkan oleh aktivitas manusia atau proses alam.

meningkatnya temperatur global diperkirakan akan menyebabakan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya muka air laut, meningkatnya itensitas kejadian cuaca ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi.  
.
sebagai sebuah lembaga panel yang menghimpun sekitar 2500 ilmuan dari lebih 100 negara menyimpulkan bahwa "sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca" 
.
.
.
PENYEBAB  PEMANASAN GLOBAL DALAM PANDANGAN PARA ILMUAN
.
Efek Rumah Kaca
     ERK adalah suatu fenomena dimana gelombang pendek radiasi matahari menembus atmosfer dan berubah menjadi gelombang panjang ketika mencapai permukaan bumi.
setelah mencapai permukaan bumi, sebagian gelombang yang dipantulkan kembali ke atmosfer. Gas kaca adalah gas-gas di atmosfer yang memiliki kemampuan untuk menyerap radiasi matahari yang dipantulkan oleh bumi sehingga bumi menjadi semakin panas.
.
.
.
DAMPAK PEMANASAN GLOBAL
.
Yang pasti, ketidakseimbangan alam dalam akibat pemanasan global ini akan membuat kehidupan manusia di bumi terancam.
Pada kenyataannya, pemanasan global itu sendiri berjalan lebih cepat dari perkiraan, dan sejumlah bahaya mengancam didepan mata.
.
Perubahan iklim yang mengakibatkan pemanasan bumi juga telah membuat lapisan es yang berada di Kilimanjaro mencair. Kilimanjaro dikenal sebagai mata air sungai es di garis equator. 
Menipisnya lapisan salju ini diperkirakan para ilmuan , akan terus berkangsung dua sampai lima dekade ke depan. 
.
Efek pemanasan yang menimpa bagi penghuni habitat bumi diperkirakan juga akan lebih memburuk, mulai dari kepunahan species serangga tertentu yang tidak dapat beradaptasi, kekeringan air atau sebaliknya banjir akan semakin parah diberbagai belahan dunia. Efek lainnya adalah kenaikan muka air laut akibat melumernya es di kutub yang menimbulkan banjir hebat khususnya di negara dengan permukan datar yang meluas seperti Bangladesh, ataupun terjadinya El-Nino yang frekuensinya lebih sering terjadi disertai efek yang lebih dahsyat pula.
.
.
.
.
itulah beberapa urain mengenai pemanasan global yang terjadi sekarang ini, banyak dari kita yang tidak peduli akan hal ini. 
tapi saat ini kita sebagai generasi muda diwajibkan peduli akan kesehatan lingkungan menjaga , merawat, melindungi, dan mengurangi segala aktivitas yang dapat merusak bumi kita ini.
.
.
.
~~ SELAMATKAN BUMI KITA, AKAN MENYELAMATKAN MASA DEPAN KITA SENDIRI ~~

SALAM LESTARI!! SALAM KONSERVASI!!

dikutip dari buku : "GLOBAL WARMING 2008"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

profil oh sehun

CANDI LOR IKON WISATA BERSEJARAH NGANJUK

NASI PECEL SAMBEL TUMPANG